Perubahan sosial di desa Lodan Wetan

   Pada zaman dahulu jalan-jalan di desa ku sangat gelap terjal dan harus naik turun bukit untuk melewati jalan tersebut, hal ini membuat hambatan dan gangguan akan aktivitas orang-orang. Akan tetapi pada zaman sekarang jalanan sudah ramai lancar, beraspal mulus dan lebih mudah dilalui sehingga dapat mempermudah kegiatan logistik.

  Tanah di desaku mengalami perubahan juga, tanah di desaku sangat banyak lahannya, akan tetapi, dulu sangat bergantung pada pengairan dari air hujan, akan tetapi pada zaman sekarang tanah di desaku sudah memiliki banyak cadangan air, akan tetapi lahannya makin menyempit, karena sekarang makin banyak pembangunan pada lahan pertanian.

   Zaman dahulu, mengaji adalah kegiatan keagamaan yang sangat diwajibkan, hampir semua anak mengaji baik di pondok, rumah, langgar, dan lain lain. Akan tetapi pada zaman sekarang, anak anak enggan mengaji, merekalebih senang menghabiskan waktunya untuk bermain gadget sampai lupa waktu.

   Pendidikan pada zaman dahulu hanya orang orang yang mampu saja yang bisa mengenyam bangku sekolah, mereka mendapatkan fasilitas sekolahan yang kurang memadai, akan tetapi menghasilkan lulusan yang terbaik, berbeda terbalik dengan zaman sekarang, zaman sekarang sekolah bisa dinikmati oleh seluruh kalangan akan tetapi banyak dari siswa siswa yang menyepelekan pendidikan mereka, mereka menganggap remeh pendidikan karena mereka tidak merasakan jerih payahnya orang tua yang menyekolahkan mereka.

   Pada zaman dahulu orang orang di desa saya memakai pakaian tradisional seperti jarik, batik, dan lain lain, pada zaman sekarang pakaian pakaian tradisional tersebut telah mendapatkan berbagai modifikasi, pada zaman sekarang pakaian-pakaian seperti itu mendapatkan banyak sekali model-model terbaru seperti kemeja, sweater, hoodie, dan lain sebagainya.

   Mata pencaharian masyarakat desa saya di zaman dahulu didominasi oleh petani, buruh, dan pedagang, akan tetapi zaman sekarang orang-orang tersebut sudah memiliki pendidikan yang layak sehingga mereka bisa bekerja sebagai tenaga kerja intelektual seperti dokter, guru, direktur, dan lain-lain.

   Pada zaman dahulu teknologi tidak secanggih sekarang, ketika malam orang-orang desa saya menggunakan obor, lilin, uplik, lampu pijar, dan bahkan hanya menggunakan sinar bulan untuk menerangi malam. Pada zaman sekarang, rumah sudah dimiliki lampu yang terang dan layak, sehingga bisa memudahkan aktivitas pada malam hari. Selain itu, teknologi zaman sekarang bisa memudahkan untuk melakukan segala sesuatu, misalnya untuk membeli barang yang sulit di jumpai di daerah saya, sekarang masyarakat desa saya bisa mengakses pasar online untuk membeli barang yang diinginkan, selain jual beli online, memesan makanan dan ojek pun bisa dilakukan dengan online.

   Desain desain arsitektur perumahan pada zaman dahulu sangat sederhana, hanya berupa rumah joglo kecil dengan ruangan ruangan khas orang jawa seperti teras depan, kandang, ruangan utama, dan lain lainnya. Berbeda sekali dengan zaman sekarang, sekarang, masyarakat berlomba lomba untuk mempercantik rumah hunian mereka dengan desain se modern mungkin, dengan memanfaatkan lahan yang luas, rumah besar dengan desain modern pun siap berdiri dengan kokoh.

   Makanan yang dikonsumsi orang orang zaman dahulu sangat sederhana, akan tetapi menyehatkan seperti sayuran dan buah buahan yang bebas dari zat pestisida, sehingga orang orang masyarakat desa saya pada zaman dahulu memiliki fisik yang kuat dan memiliki umur yang panjang, hal ini sangat berbeda dengan masyarakat zaman sekarang, mereka yang lebih menggemari makanan cepat saji yang mengandung zat kimia berbahaya untuk tubuh seperti pengawet, pada zaman sekarang pun makanan makanan yang berasal dari daerah luar desa saya bisa ditemukan dengan mudah, dan lebih digemari pula.

   Hiburan hiburan yang disaksikan oleh orang zaman dahulu berupa seni seni tradisional yang memiliki banyak nilai luhur, ketoprak misalnya. Pada zaman sekarang, masyarakat desa saya lebih gemar menyaksikan hiburan melalui dunia internet, karena dengan internet, semua hiburan yang ada di dunia ini bisa diakses dengan mudah,cepat, dan gratis, karena hal inilah yang menarik masyarakat untuk berselancar di dunia internet.

   Pada zaman dulu, sampah sampah yang dihasilkan oleh masyarakat lebih sedikit dan mudah terurai, karena kebanyakan sampah yang dihasilkan adalah sampah organik. Pada zaman sekarang, orang orang enggan mengolah sampah rumah tangga mereka, sehingga mereka membuang sampahnya ke sungai, jalanan, hutan, dan tempat tempat lainnya, sehingga sangat mencemarkan tempat tempat tersebut, hal ini sangat miris sekali mengingat sungai adalah tempat yang vital untuk jalannya air, apabila sungai tercemar, maka cadangan air bersih pun semakin menipis.

Penulis: M. Fajar Ma'Arif, siswa kelas XII IPS 5, SMA Negeri 1 Pamotan 

0 Komentar