LAPORAN PERJALANAN KE SEDULUR SIKEP BLORA - NADA AGUSTINA



SMA N 1 PAMOTAN mengadakan pembelajaran diluar sekolah dengan terjun dilapangan yang diikuti oleh siswi kelas X dan XI jurusan IPS dan beberapa guru untuk mendampingi kegiatan belajar tersebut. Acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 20 september 2018 . Sebelum pemberangkatan saya melakukan beberapa persiapan ,diantaranya barang yang akan saya bawa ,materi pembekalan ,obat obatan untuk saya saat perjalanan dan uang saku. Saya dan teman2 sangat senang sekali akan melakukan kegiatan ini.objek yang kita tuju sangat menarik yaitu didesa klopo duwur sedulur sikep kabupaten blora .yang saya dengan masyarakat sedulur sikep masih primitif sehingga ada rasa ingin tau pada fikiran saya tentang kebiasaan masyarakat sedulur sikep.sehari sebelum pemberagkatan kami disuruh mengikuti sesi pembekalan tetapi saya tidak mengikuti karena ada kerabat saya yang meninggal.

Pada hari kamis pukul 06.00 saya sudah sampai disekolah karena pengumuman kita beverangk keblora,dan disitu saya sangat kecewa karena menunggu sangat lama.dan sebelum kita berangkat kita dikumpulkan dilapangan basket kira2 15 menit setelah itu menuju bis.dan saya mendapat bis 4.dan teman sebangku tidak ditentukan dan saya duduk didepan dengan ika siti nurwanti karena saya mabuk jadi saya duduk didepan.kita selama perjalanan bernyanyi terus didalam bis sampai tidak terasa telah sampai di pasar blora untuk menerima sambutan dari tim eksplor blora untuk menerima sambutan.tetapi saya masih didalam bis karena kepala saya pusing tetapi saya tidak mabuk.setelah sambutan dari tim eksplor kami melanjutkan perjalanan ke klopo duwur dengan tim eksplor blora.kami menuju lokasi pertama yaitu desa klopo duwur jepangrejo kabupaten blora.bis kami semua berhenti disuatu tanah lapang .kami berjalan menuju desa jepangrejo kira2 10 menit .dan sampai disana kita dijamui jagung rebus ,kacang rebus,ketela rebus.kami melakukan pembelajaran disana dan saat kami akan menuju lokasi kedua yaitu pendopo desa klopoduwur.sebelum kesana kita makan siang dan sholat.setelah makan dan sholat kita kependopo dan saya menuju kependopo bersama adek kelas X cowok.saya dari menuju sampai pulang bersama dia.dan setelah kependopo klopo duwur saya bersama dia .dan kita kembali ke bis menuju ke perpustakaan .kami semua memilih pulang tetapi karena etikanya kurang sopan jadi kita memutuskan kesana.disana masih banyak barang2 bersejarah.disana kami sangat banyak mendapatkan pelajaran.dan setelah dari perpustakaan PATABA kita pulang dan sampai disekolah saya saya dijemput seseorang yang sangat spesial,setelah saya pulang dan bersih2 badan sholat dan tidur.

Meskipun out door study hanya satu hari tapi kita sangat senang dan sangat melelahkan banget.pembelajaran ini sangat bagus dan semoga tahun depan bisa seperti ini lagi.dan semoga bisa lebih baik lagi dari tahun ini.

Penulis adalah Nada Agustina, siswa SMA N 1 Pamotan kelas XI jurusan IPS 

0 Komentar