Analisis Lagu Kangen Nickerie Didi Kempot


Intro : C G Am Em F Em Dm G F Fm Em Am Dm G

C G Am Em
sepine wengi iki
F C Dm G
neng kene aku ngenteni
C G Am Em
kesuwen suwene wes pirang sasi
F C Dm G
neng nickerie kowe ra bali
.
F G C Am
opo aku salah
F G C G
naliko urip sak omah
.
C G Am Em
rembulan sing ngilo ono segoro
F C Dm G
padangono ati kulo
C G Am Em
pujaan hatiku ra teko-teko
F C Dm G
neng nickerie ndang mulio
.
F G C Am
opo aku salah
F G C
naliko urip sak omah
.
Musik: Dm G C Am F G C
.
Reff :
G C
aku nangis aku kangen
F G C
janjimu mbiyen kowe seneng
G C Am
neng nickerie tak enteni
F G C G
gek mulio nengkene aku ngenteni
.
Musik : C Gm F C Dm Em F Dm G
.
C G Am Em
rembulan sing ngilo ono segoro
F C Dm G
padangono ati kulo
C G Am Em
pujaan hatiku ra teko-teko
F C Dm G
neng nickerie ndang mulio
.
F G C Am
opo aku salah
F G C
naliko urip sak omah
.
Reff :
G C
aku nangis aku kangen
F G C
janjimu mbiyen kowe seneng
G C Am
neng nickerie tak enteni
F G C Am
gek mulio nengkene aku ngenteni
F G C
neng nickerie gek inggal bali


Didi Prasetyo (nama lahir: Dionisius Prasetyo) atau yang lebih dikenal Didi Kempot (lahir di Surakarta, 31 Desember 1966; umur 52 tahun) adalah seorang penyanyi campursari dari Jawa Tengah. Didi Kempot merupakan putra dari pelawak terkenal dari kota Solo, Ranto Edi Gudel (Almarhum) yang lebih dikenal dengan nama mbah Ranto. Didi Kempot merupakan adik kandung dari Mamiek Podang (Almarhum), pelawak senior Srimulat.

Didi Kempot merupakan penyanyi campursari kebanggaan kota Solo, di samping Gesang (maestro keroncong) dan Tia AFI (juara Akademi Fantasi Indosiar 2). Saat ini Didi Kempot tinggal di daerah Sumber, Solo.

Musisi campursari Didi Kempot menciptakan lagu berjudul Kangen Nickerie. Tembang ini menjadi salah satu apresiasi Didi Kempot pada Suriname karena sering tampil di negara tersebut, termasuk di depan sang presiden.
”Nickerie adalah nama salah satu distrik di Suriname. Saya sudah menciptakan lagu ini beberapa waktu lalu dan menyanyikannya bersama Dory Lare, salah satu penyanyi campursari muda asal Solo,”

Lirik lagunya sendiri bercerita tentang seorang pria yang menunggu kedatangan istrinya kembali. Tidak dijelaskan kemana atau ada urusan apa sang istri pergi dari rumah. Yang jelas, sudah berbulan-bulan pria tersebut terus menanti di Nickerie tanpa ada kabar berita dari  istrinya itu. Sampai sampai ia bingung, jangan-jangan sudah pernah berbuat salah saat mereka masih tinggal bersama.

Nama :Sonia Diah Puji Lestari
Kelas :XI Ips 5
No    :33

0 Komentar