1)
Guru dan peserta didik berdoa
bersama untuk memulai kegiatan pembelajaran
2)
Guru menyampaikan KI KD dan IPK
kepada peserta didik
3)
Guru menyampaikan materi tentang
pembentukan kelompok sosial dan permasalahannya
4)
Guru menyampaikan metode pengamatan
kelompok sosial dan identifikasi permasalahan sosialnya
5)
Guru dan peserta didik menyusun
indikator atau instrumen pengamatan tentang terbentuknya kelompok sosial dan
identifikasi permasalahannya
6)
Peserta didik membuat kelompok kerja
sesuai dengan kebutuhan tagihan pembelajaran
7)
Peserta didik mampu menyusun rencana
pengamatan tentang kelompok sosial di daerah tempat tinggal dengan pendampingan
guru
8)
Peserta didik mengerjakan tugas
yaitu melakukan pengamatan tentang pembentukan kelompok sosial dan
mengidentifikasi masalah-masalah sosial yang ada di daerah tempat tinggalnya
9)
Peserta didik mengumpulkan data
pengamatan (wawancara, foto, video, dan dokumen lainnya) sesuai indikator
pengamatan
10)
Peserta didik menyusun hasil
pengamatan tentang pembentukan kelompok sosial dan masalah-masalahnya
11)
Guru secara aktif mendampingi proses
pengamatan dan penyusunan laporan siswa
12)
Peserta didik mempresentasikan hasil
pengamatannya di ruang publik dengan melibatkan kelompok sosial yang diamatinya
13)
Guru berperan aktif dalam proses
presentasi hasil pengamatan dan mereview hasil karya pesera didik
14)
Peserta didik menyempurnakan laporan
pascapresentasi
15)
Peserta didik mempublikasikan
laporan pengamatan tentang pembentukan kelompok sosial dan mengidentifikasi
masalah-masalah sosialnya di website dengan pendampingan guru
16)
Guru menyusun portofolio hasil karya
peserta didik dalam bentuk file softcopy dan hardcopy, sesuai dengan
sistematika dan kaidah ilmiah
17)
Guru dan peserta didik berkunjung ke
Perpustakaan sekolah untuk menyerahkan hasil karya siswa untuk menjadi bahan
koleksi literasi sekolah
0 Komentar