PEMETAAN KEARIFAN LOKAL DI DESA SIDOREJO


Pada hari Jumat tanggal 26 Oktober 2018, saya dan teman-teman mendapat tugas dari Pak Suhadi untuk melakukan pemetaan di Desa Sidorejo

Pada hari Jumat sekitar jam 13.15, saya berangkat dari rumah menuju ke SMA N 1 PAMOTAN, saat itu cuacanya cukup cerah. Saat saya tiba disekolahan, disitulah sudah ada beberapa teman saya,  dan saat di SMA membuat ID Card dulu,  karena saya lupa untuk membuatnya saat dirumah.
Tak berselang lama, teman-teman saya yang lain pun juga mulai berdatangan. Saat semuanya sudah berkumpul, kita menunggu Pak Suhadi dan ternyata Pak Suhadi sudah berada di Balaidesa Sidorejo.
Untung saja ada salah satu teman saya yang memberitahu lewat pesan wa di grup  kalau Pak Suhadi dan teman saya tersebut sudah berada di Balaidesa Sidorejo, kalau tidak saya dan teman-teman yang berada di sekolahan pasti akan tetap menunggu. Karena sebenarnya kita tidak suka menunggu, apalagi menunggu yang tidak pasti.

 Setelah kita membaca pesan grup wa tersebut, saya dan teman-teman langsung berangkat menuju ke Balaidesa Sidorejo tersebut. Selang beberapa menit kita sampai di Balaidesa dan ternyata disana sudah ada beberapa perangkat desa dan orang yang akan mendampingi kita untuk melakukan tugas pemetaan di Desa Sidorejo. Sesampainya di Balaidesa Sidorejo, kita dipersalahkan duduk dan diberi arahan oleh Pak Suhadi agar dapat melakukan kegiatan pemetaan dengan baik dan lancar, selain diberi pengarahan kita juga diberi tahu sedikit informasi tentang Desa Sidorejo oleh Pak Lurah. Setelah itu, Pak Suhadi memperkenalkan beberapa perangkat Desa Sidorejo tersebut.

 Setelah diberi pengarahan, kita dibagi kelompok, mendapat satu wilayah dan didampingi oleh salah satu perangkat desa tersebut dan saya mendapat Dukuh Tondo.  Setelah itu kita langsung berangkat menuju ke tempat yang akan kita petakan bersama dengan satu orang pendamping.

Tempat pertama yang akan saya petakan yaitu Penggilingan Padi di Dukuh Tondo RT 03 RW 03, setelah di penggilingan saya langsung berpindah ke tempat yang tidak jauh dari Penggilingan Padi tersebut yaitu di salah satu rumah penjahit, lalu saya berpindah tempat lagi tepat didampingi rumah penjahit itu yaitu penjual obat pertanian, lalu saya juga ke tempat potong rambut yang jaraknya tidak begitu jauh dari penjual obat pertanian tadi,kemudian kita lanjutkan ke Mushola Rodhotus Sholihin. Setelah itu saya kita akan kembali ke balaidesa tetapi tengah perjalanan, ada salah satu teman satu kelompok saya yang memberitahu untuk kembali lagi karena kita disuruh pendamping kita untuk menetapkan angkasa glass, tetapi setelah saya membuka aplikasi google map ternyata tempat tersebut sudah ada di google maps, dan akhirnya kita memetakan tempat pembuatan kertas yang tempatnya tepat di depan angkasa glass.

Setelah kita memetakan tempat-tempat di Dukuh Tondo, kita melanjutkan perjalanan untuk kembali ke Balaidesa Sidorejo. Di Balaidesa kita diminta untuk menuliskan tempat-tempat yang sudah kita petakan, setelah itu kita diberi sedikit pengalaman salah satu perangkat desa tersebut.

Penulis adalah Yossika Adiyanti, siswa dari SMA N 1 PAMOTAN, Kelas Xll IPS 4

0 Komentar