Teknik Foto Bagus dengan Smartphone - Seri Penguatan Kapasitas


Artikel ini merupakan bahan penguatan kapasitas peserta didik dalam menghasilkan produk keterampilan (proyek dan portfolio) pada mata pelajaran sosiologi. Berikut langkah-langkah praktis dalam menggunakan smartphone dalam menghasilkan produk foto.

Cari Pencahayaan Alami

Ketika memotret di dalam ruangan, usahakan untuk memilih tempat yang dekat dengan jendela sehingga obyek foto bisa mendapatkan pencahayaan alami dari sinar matahari yang masuk melalui jendela.

Sedangkan jika memotret di luar ruangan, ingatlah bahwa waktu terbaik untuk memotret dengan cahaya yang tepat adalah pada pagi hari dan sore hari. Jika memotret dilakukan pada siang hari di luar ruangan, hasil foto akan terlalu kontras pada area gelap dan terang.

Cari Sudut Pandang yang Unik

Hasil foto yang bagus tidak hanya bergantung pada kamera dan lensa yang digunakan, tapi juga beberapa faktor lain seperti sudut pandang yang baik. Untuk itu, kita perlu berlatih lebih banyak agar bisa mendapatkan sudut pandang yang unik namun tetap menarik.

Tidak ada salahnya untuk melupakan segala teori yang ada terkait komposisi dan sudut pandang. Bebaskan kreativitasmu, dijamin, foto yang dihasilkan tidak akan membosankan.

Atur Resolusi Gambar Paling Tinggi

Terkadang tidak banyak yang mengerti tentang pengaturan kamera handphone. Padahal sebagian besar handphone saat ini memiliki fitur untuk mengatur resolusi gambar secara manual.

Pilih resolusi tertinggi sehingga dapat menghasilkan gambar yang lebih baik.

Beberapa pengaturan untuk masing-masing handphone mungkin berbeda-beda namun pastikan pengaturan pada posisi untuk mendapatkan gambar dengan mode best quality.

Pilih objek foto yang menarik ya

Sekalipun kamu sudah jago banget memotret, menguasai beragam teknik fotografi yang njlimet  dan tinggi-tinggi bahasanya, tapi kalo objek yang dipotret kurang menarik yah sama saja.

Pasti hasil fotonya kurang menarik nanti.

Oke, kita bisa memikirkan bagaimana cara membuat yang tak menarik tadi jadi tampak menarik, tapi untuk mempermudah silakan cari objek yang menarik sedari awal.

Latih tanganmu memegang handphone dengan stabil

Untuk melatihnya bisa dengan cara memegang tangan pacar di depan papanya :D.

Kalau sudah tidak gemetar, berarti kamu cukup teruji hehehe.

Tak ada satu orang pun yang senang melihat foto yang blur atau tampak kabur semuanya.

Demikian juga saat kamu memotret dengan handphone ataupun jenis kamera lainnya. Beberapa tips ini akan membantu kamu agar bisa menjaga tangan tetap stabil.

Saat memotret tahan sedikit sampai kamera selesai menyimpan fotonya

Ini pengalaman saya pribadi. Pernah disuruh memotret teman dan pacarnya. Keduanya sudah bergaya penuh kemesraan, dan saya dengan percaya diri memotret keduanya.

Jepret.. Jepret, karena terbiasa dengan DSLR yang full speed, langsung saya serahkan hasilnya ke mereka biar dilihat.

Eh.. Malah diprotes, kok fotonya blur semua katanya, padahal sudah terkunci fokus tadi. Ternyata oh ternyata, rentang waktu memotret di smartphone itu punya jeda cukup panjang.

Saat ditekan layarnya, kamera tak langsung memotret plus terkadang waktu shutter yang dipilih cukup lambat sehingga bergoyang sedikit hasilnya pasti blur.

Jadi kalo kamu ingin hasil fotonya bagus, sabar sedikit sebelum mengecek hasil fotonya ya.

Bersihkan lensa smartphonemu dari minyak, kotoran dan debu

Rata-rata setiap orang senantiasa menggenggam smartphone saat bepergian kemana saja.

Hal ini membuat smartphone menjadi benda yang paling rentan terhadap debu dan kotoran yang ada di sekeliling kita.

Tak seperta lensa kamera digital yang dibekali dengan lens cap atau penutup lensa, lensa yang ada di smartphone tentu tak dibekali hal semacam itu.

Bahkan sekalipun menggunakan case pelindung, bagian kaca lensa tentu dibiarkan terbuka.

Oleh karena itu biasakan untuk membersihkan lensa sebelum memotret, gunakan kain halus semacam pembersih kacamata untuk membersihkan dari kotoran atau sidik jari yang menempel.

Buat foto bercerita

Salah satu trik supaya fotomu tampak menarik dan berkesan adalah membuat foto bercerita. Maksudnya adalah setiap orang yang melihat foto yang kamu potret itu, bisa mengerti makna dibalik pembuatan foto tersebut.

Agar lebih mudah dipahami orang yang melihat, sediakan dua atau lebih foto yang saling terkait satu sama lain.

Trik ini akan menarik jika kamu lakukan saat traveling atau jalan-jalan.

Sekali-sekali cobalah jenis foto human interest. Pasti kamu akan tertarik.

MENDEKATLAH KEPADA SUBJEK ANDA

Salah satu alasan yang paling sering terjadi ketika memotret dengan kamera hp adalah gambar yang dihasilkan tidak jelas dan kabur. Kenapa? Karena kita sering menggunakan zoom. Zoom bisa membuat atau menurunkan kualitas foto kita sehingga tidak terlihat tajam. Itulah sebabnya, gunakan kamera dengan benar, posisikan diri anda agar berada pada jarak yang cukup sehingga keseluruhan bidikan anda bisa memenuhi frame tanpa harus menggunakan zoom. Jadilah fotografer yang bijak.

Belajar Komposisi

Komposisi itu penting. Karena pengetahuan yang benar tentang komposisi akan menolong anda untuk menghasilkan gambar yang bagus. Memang benar bahwa mempelajari komposisi bukanlah hal yang mudah, namun tanpa komposisi, adalah sangat sulit untuk menciptakan sebuah gambar yang bagus. Karena itu, untuk memudahkan anda dalam mengatur komposisi maka ketika hendak mengambil gambar, coba pikirkan kembali apakah objek, latar, dan benda-benda yang nampak dalam frame sudah cocok atau belum. Hal ini akan menolong anda untuk memikirkan langkah pemotretan selanjutnya.

Dari uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa mengambil gambar dengan menggunakan kamera handphone sangatlah praktis dan mudah, akan tetapi perlu diperhatikan teknik dan cara tertentu agar hasil yang diperoleh bisa memuaskan. Selain itu juga, perhatikan kamera handphone anda agar tetap terjaga dan bersih sehingga mampu memberikan kualitas yang baik pada setiap gambar yang diambil. Kebersihan lensa sangatlah penting untuk dirawat secara berkala agar tetap awet.

Foto sesering mungkin

Kita harus bersyukur hidup di jaman digital sehingga berapapun kita memotret, kita tidak perlu mengeluarkan ongkos ekstra. Bayangkan jika anda memotret menggunakan film, berapa roll yang harus dibeli? Karena itu, jangan sungkan dan ragu, potretlah sebanyak dan sesering mungkin sampai memory di handphone anda penuh, semakin banyak kita memotret semakin banyak pula hasil yang bagus.

Terapkan Landscape

Teknik fotografi Hp Android selanjutnya adalah menerapkan landscape. Bagi kalian para pengguna smartphone tentunya telah terbiasa memegang Hp pada posisi vertikal. Namun biasakanlah untuk mengambil foto dengan posisi landscape atau horizontal. Terutama bila foto yang kamu bidik adalah foto pemandangan ataupun moment yang memerlukan banyak background. Maka sangat penting untuk kamu memiliki posisi bidikan dengan menggunakan landscape agar hasil foto kamu memiliki unsur yang lebih baik dengan background yang mendukung.

Kombinasikan Object Utama dengan Sekunder

Akan sangat hampa rasanya jika kamu hanya memotret satu object yang berdiri sendiri tanpa object lain sebagai pembanding maupun pendamping. Mulai sekarang lakukanlah eksperimen pada viewfindermu, masukkanlah object terdekat yang berada dari object utama yang ingin kamu foto.  Misalnya, kamu ingin mengambil foto anak kecil yang sedang bermain ditaman bunga, maka kamu dapat memposisikan kamera smartphone kamu didekat bunga sehingga masuk sedikit pada viewfinder selagi memfoto anak kecil yang menjadi object. Akan lebih baik lagi bila bunga tersebut blur dan focus foto terdapat pada anak kecil yang sedang bermain tersebut.

Lebih Dekat dan Penuhi Viewfinder

Saat kamu berada jauh dari objek foto, kamu hanya akan mendapatkan figure kecil yang kalah dari background sekitar. Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus sebaiknya hindari fitur zoom karena akan mengurangi kualitas gambar. Yang harus kamu lakukan adalah mendekat dan penuhi viewfinder atau layar smartphone dengan objek fotomu.

Hemat baterai

Kamera (digital) yang kehabisan baterai tak ada gunanya, demikian juga untuk smartphone. Tak ada baterai berarti tak bisa memotret. Karena itu Puan menekankan pentingnya menjaga baterai gadget saat traveling. Apalagi, belum tentu daerah tujuan atau lingkungan sekitar menyediakan colokan listrik untuk mengisi baterai perangkat. “Biasanya saat traveling ke daerah yang susah sinyal, ponsel saya ubah ke airplane mode untuk menghemat baterai. Ponsel akan terus berupaya mencari sinyal saat sinyal lemah atau tidak ada sehingga bisa memboroskan baterai,” tutur Puan.

Sumber: Informasi dikumpulkan dari berbagai sumber, dengan menautkan sumber di sub artikel

Baca Juga Artikel yang Relevan Berikut ini!
Foto dengan Ponsel Bisa Sebagus Itu
Kisi-kisi PATBK Kelas XI IPS TP.2018/2019 

1 Komentar