Perjalanan Outdoor Study Masyarakat Sedulur Sikep - Aprilia Hanun Indriani


  Sebelum terlaksananya kegiatan kunjungan lapangan di Blora, seluruh siswa kls XI IPS (1, 2, 3, 4, 5) telah mengikuti serangkaian kegiatan yang di gunakan untuk mengenal terlebih dahulu mengenai Masyarakat Sedulur Sikep di Blora, diantaranya Pemaparan materi yang di lakukan oleh Pak Suhadi sebagai guru mapel Sosiologi ketika proses KBM berlangsung di kelas, menonton dan mengidentifikasi film dokumenter tentang Masyarakat Sedulur Sikep, dan Penyusunan pembuatan beberapa pertanyaan yang digunakan ketika kunjungan lapangan berlangsung, Serta Sesi Pembekalan yang dilaksanakan di gedung aula SMA N 1 Pamotan.

   Setelah rangkaian persiapan yang dilakukan mengenai kunjungan lapangan, tahap pelaksanaanpun dilaksanakan hari kamis, 20 september 2018. Pukul 06.00 siswa kls X Ips dan XI Ips berkumpul di SMA N 1 Pamotan. Ternyata di halaman sekolah masih belum terlalu ramai, jadi kita masih menunggu tayo yang memberangkatkan kita menuju Blora. Sampai pukul 7 lebih, kita baru melaksanakan apel di lapangan volly dan berdoa bersama agar selamat sampai tujuan. Kita naik tayo dan menerima pembagian buku pedoman kunjungan lapangan dan juga snack makanan. Doa kami panjatkan dengan hikmat agar perjalanan kami bisa selamat sampai tujuan dan tidak ada halangan suatu apapun. Perjalanan kami lalui dengan penuh suka cita dan riang gembira, masing masing anak sibuk dengan kesenangan mereka sendiri, ada yang menyanyi, makan, tidur, dan lainnya. Sebelum sampai tempat tujuan pertama, kami singgah di pasar rakyat blora terlebih dahulu dan di beri pengenalan oleh penggiat Eksplor Blora. Lalu kami lanjutkan perjalanan menuju lokasi pertama kami yaitu di kediaman mbah parji di desa Jepangrejo Blora. Kami jalan kaki melewati pematang sawah dengan terik matahari diatas kepala dalam kehausan dan keringat yang bercucuran. Sesampainya kami di kediaman mbah parji, kami disambut masyarakat sekitar dengan ramah dan di berikan berbagai suguhan hangat diantaranya kacang rebus, singkong rebus, jagung rebus, air mineral dan lainnya. Disana kami menikmati suguhan dengan nikmat dan rasa kekeluargaan pun muncul dengan alaminya. Ada sambutan sambutan dari tokoh masyarakat di desa jepangrejo dan juga sesi tanya jawab dari siwsa siswi SMA N 1 Pamotan terhadap mbah parji.

   Perjalanan selanjutnya adalah lokasi pendopo di daerah klopoduwur. Tetapi sebelumnya kami singgah di salah satu TPK di daerah klopoduwur untuk istirahat, Sholat, dan makan bersama. Kebersamaan yang selalu membuat kami bahagia, meskipun dengan keadaan sederhana, makan nasi kotak di bawah pohon besar beralaskan tanah. Setelah perut terasa kenyang dengan keadaan yang lebih segar karena siraman dari air wudu, kami lanjut menuju pendopo di desa karangpace klopoduwur. Sepanjang jalan menuju pendopo begitu sepi dan dihiasi jurang jurang yang terjal juga pohon pohon tinggi yang menutupi teriknya matahari siang itu. Kami menikmati indahnya pemandangan dan bersyukur karena jalan yang kami lalui sudah terbuat dari cor yang halus. Kami tiba di pendopo dan banyak hal yang terjadi disana, kami memiliki pengetahuan lebih banyak, mengambil inspirasi juga bisa memotivasi diri. Perkembangan teknologi disana juga cukup meningkat dibandingkan zaman dulu, sekarang sudah ada kendaraan motor, handphone juga televisi.

   Pindah menuju lokasi terakhir yaitu perpustakaan Pataba yang didirikan oleh bapak Soesilo Toer yang saat itu menjadi narasumber kami ketika wawancara di perpustakaan Pataba. Ia adalah seorang motivator juga sangat menginspirasi banyak orang. Kami mampir di mushola sd untuk melaksanakan sholat dan istirahat sejenak. Kami akhiri perjalanan di lokasi tersebut. Kami sampai di halaman sekolah sekitar pukul 18.15. Dan akhirnya kami pulang dengan rasa capek juga gembira.

   Sekian laporan perjalanan yang dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila ada kata yang kurang bekenan dan kurang sopan. Saya ucapkan banyak terima kasih.

Nama: Aprilia Hanun Indriani
Kelas: XI IPS1
No. Absen: 03
Mapel: Sosiologi

0 Komentar