KESEDERHANAAN GAYA MAKAN SANTRI



Santri adalah seseorang yang mempelajari ilmu agama yang terkadang hidup di pondok pesantren maupun yang lainnya. Lahirnya Hari Santri Nasional di latar belakangi  karena dulu waktu jaman revolusi jihad yaitu ketika pertempuran surabaya atau pertempuran 10 Nobember banyak orang" pemuda atau santri pondok pesantren yang di pimpin oleh wahid hasyim yaitu orang NU( NADHLOTUL ULAMA) banyak yang ikut perang di surabaya. Dan sekarang ini di peringatan hari SANTRI NASIONAL diperingati pada tanggal 22 NOVEMBER.


Aku suka dengan gaya makan santri merekan makan dengan ala kadarnya mereka makan dengan cara satu wadah yaitu biasanya dengan 1 ember atau biasanya di taruh di ember dengan cara makan bersama sama. Dengan makan satu wadah sehingga dapat menubuhkan rasa kesederhanaan rasa kekeluargaan melekat. Mereka makan makanan tersebut tidak memandang makanan itu enak atupun tidak mereke tetap makan dan denagn makan dalam satu wadah mereka juga tidak pernah memandang itu anak pejabat anak konglomerat ataupun anak orang biasa mereka makan tetao bersama. Makannya anak santri itu lucu kadang ada yang makan sambil baca buku pelajaran ada yang ngafalin kitab dan adalagi yang lainnya. Setelah makan mereka juga saling gotong royong untuk membersihkannya, ada yang mencuci wadah tempat makan ada yang membersihkan tempat makan nyapu dan yang lainnya. Dan jika salah satu santri ada yang punya makanan pasti yang lainnya juga ikut makan. Aku suka gaya makan anak santri karena mereka saling mengasihi membantu. Itulah kesederhananan makanan bersama ala santri. Dan tujuan orang tua kita, kita di taruh di pondok pesantren dan menjadi santri agar kita itu bisa hidup mandiri sederhana dapat mempunyai ilmu agama dan juga dapat mengamlaknnya sehingga dapat ilmu yang manfaat dan mempunyai akhlakul karimah dan berguna bagi masyarakat nusa dan bangsa.


Jadi dari cerita diatas kita dapat simpulkan bahwa makan gaya anak santri dapat kita ambil agar kita dapat hidup sederhana tidak perlu bermewah mewahan dan tidak perlu berlebih lebihan dan kita harus saling tolong menolong sesama mahluk hidup

DARI SANTRI UNTUK NEGERI

 PENULIS :  NURUL KHOTIMAH
   KELAS    : XI IPS 1
   NO           : 22

0 Komentar