PENELITIAN DI PASAR TRADISIONAL PAMOTAN - Misbakhul Munir


Pada  hari rabu tanggal 20 febuari 2019 kami segerombolan dari SMAN 1 PAMOTAN dari kelas XI ips 1,2 dan 5  berjalan kaki menyusuri sepanjang jalan kenangan saat terik matahari dan kami bercucuran keringat dan kami bercanda dipinggiran jalan seperti orang gila hehehe,  setelah itu kami sampai dipasar  dan kami melihat segerombolan orang seketika segerombolan semut(siswa-siswi)  berhamburan untuk mencari pedagang yang ingin diwawancarai. Kami menemukan sosok bapak-bapak yang memikat pandangan kami sehingga kami memilih beliau untuk kami wawancarai. Sebelum kami melontarkan pertanyaan yang gampang-gampang susah, salah satu teman kami bertanya "bolehkah kami mewawancarai bapak? ".

Pasar tradisional pada zaman dahulu berada di depan masjid pamotan namun kondisinya masih sangat sempit dan tidak memadai dan posisinya berada di tengah-tengah kota pamotan dan membuat kemacetan sehingga pemerintah memiliki inisiatif untuk memindah nya di dekat kecamatan
       keadaan fasilitasnya tidak memadai dan jalan yang menghubungkan antara lo satu dengan lost yang lain. keadaan saat ini fasilitasnya sudah lengkap jalannya sudah bagus dan  tatanan antara lost lost sudah tertata rapi.

Keadaan kebersihan di pasar pamotan sudah cukup baik selain dari kesadaran para penjualnya untuk membuang sampah di tempatnya pihak pegawai sudah menyediakan petugas kebersihan. ada aturan tersendiri yang sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat yaitu perseorangan hanya diberi batas membangun  kios nya sesuai batas maksimal yang ditetapkan.

Ada juga struktur kepengurusan pegawai yaitu ketua wakil sekretaris bendahara restribusi penarik karcis  dan keamanan. ada paguyuban ibu-ibu yaitu pengajian setiap satu pon  paguyuban pedagang beras dan lain-lain. jenis peta ganti sana sudah lengkap seperti pedagang sembako buah-buahan ikan baju jajan sandal. Keadaan jalan kurang baik karena adanya jalanannya rusak dan tak memadai.

Jenis transportasi bus mini,Dokar, becak,tosa angkot dan angkutan pribadi. model atau teknik kulakan yang macam-macam ada yang membeli bahan mentah dan diproses sendiri ada yang langsung jadi dan ada yang mengambil dari tengkulak. Teknik jual belinya mati sama seperti teknik jual beli di pasar lain.tidak adanya persaingan antara penjual karena harga yang ditetapkan harus sama rata-rata tidak boleh ada yang lebih murah.

Pada tahun 2010 terjadi kebakaran yang terjadi dikarenakan oleh konslet nya arus listrik di sore hari kebakaran nya cukup besar sehingga sehingga setengah pasar terbakar dan pihak  pengurus pasar mengambil tindakan dengan memanggil pemadam. retribusi yang dikeluarkan dengan dua cara yaitu untuk ios per bulan dengan harga Rp.56.000 dan untuk pedagang lesehan perhari Rp.1000. tetapi jika pedagang kios menunggak atau tidak mau membayar retribusi akan dihitung hutang pada bulan berikutnya.

Banyak pedagang yang masih membuang sampah sembarangan padalah dari pihak pegawai pasar sudah menyiapkan tempat sampah. Keamanannya cukup baik karena dari pihak pengurus pusat sudah menyediakan bagaian keamanan dan model menjaganya dibagi shift. fasilitasnya sudah lengkap sudah ada mushola, kamar mandi ,tempat parkir ,dan tempat sampah.

Keadaan mushola hanya kurang baik karena tanah pada bangunan mushola tersebut bergerak dan keadaan jalannya kurang memadai karena banyak jalanan berlubang. Harapannya pasar pamotan lebih berkembang lagi dan tempatnya semakin luas dan pembagiannya lost nya semakin teratur. dari pihak pegawai juga mengharapkan agar para pedagang lebih disiplin lagi untuk  membuang sampah pada tempatnya.

Nama: Misbakhul Munir
Kelas:XI IPS 2
No: 19

0 Komentar