Pemetaan Potensi Desa Sidorejo - Ahmad Saiful Huda dkk


Pada hari jumat tanggal 26 oktober 2018 kami mendapatkan tugas untuk melakukan pemetaan di wilayah sidorejo ataupun yang sering disebut dengan sebutan desa jumput kami disini dikasih tugas oleh pak suhadi untuk melakukan pemetaan didesa tersebut.

Disini kami mau membuat pemetaan untuk mempermudah orang mencari tempat yang akan mereka kunjungi baik dari luar kota maupun dari wilayah sekitar , disini kami akan membuat pemetaan di google maps.

Pada hari jum'at,  kami dan kelompok lainnya disuruh pak suhadi untuk berkumpul di sma n 1 pamotan pada pukul 13.30. Waktu terus berjalan ada teman kami yang datangnya tidak tepat waktu,  lalu setelah beberapa menit kami menunggu mereka baru pada datang, kami berangkat Kelokasi dari sma n 1 pamotan kesidorejo pukul 14.00  setelah sampai dilokasi kami berkumpul dulu di balai desa jumput untuk mengetahui lebih detail  desa jumput dan juga nama perangkat nya.

Desa jumput terdiri dari 3 RW dan 10 RT, yang memimpin atau yang sering disebut dengan pak lurah yaitu bapak Mohamad songeb dan juga ada 8pengurus lainnya, setelah kami tau nama pak lurah dan juga lainnya kami diberi tahu peta desa jumpu,  setelah itu kami diberi tugas ataupun pembagian wilayah pemetaan setelah semua dapat bagian kami langsung terjun Kelokasi bersama bapak junaidi kami menuju lokasi yang pertama yaitu di SAUDARA MONTOR SIDOREJO Mungkin memang sudah tidak asing lagi apabila kita menemukan sebuah bengkel di sidorejo namun tidak banyak orang yang dapat mendirikan sebuah bengkel karena dalam mendirikannya tidaklah semudah dalam membuka usaha penjualan pakaian, barang elektronik, dsb yang hanya tinggal menjual kembali barang yang dia beli tanpa memusingkan proses pembuatannya. Berbeda dengan usaha tersebut, jika kita ingin membuka sebuah usaha bengkel, haruslah kita memiliki keahlian dan keterampilan yang cukup bagus dalam bidang otomotif dan harus terus memperbaharui serta mengembangkan keahliannya seiring dengan munculnya produk-produk otomotif baru yang tentunya memiliki perkembangan dalam mesin yang digunakan. Keahlian tersebut juga sangatlah asing terutama bagi kaum hawa yang pada umumnya tidak tertarik dalam bidang tersebut, oleh karena itu kami menentukan untuk memilih usaha bengkel sebagai objek pengidentifikasian usaha.

Pengeksposan jenis usaha ini pun jarang ditemui di media massa, sehingga jika kita ingin mengetahui lebih banyak tentang usaha ini haruslah mencari tahu langsung dari orang yang memahami bidang ini agar lebih jelas dan pasti jawabannya. Karena tidak sembarangan orang yang mengerti tentang ilmu mekanik di bidang otomotif ini.

Pada awalnya, kami sama sekali tidak memiliki niat untuk memilih bengkel sebagai objek dari pengidentifikasian ini, namun banyak faktor yang mempengaruhi kami untuk mempertimbangkan usaha yang satu ini diantaranya yang telah disebutkan di atas. Kami berpikir bahwa melakukan pengindentifikasian terhadap usaha bengkel yang berbau otomotif ini sangatlah menarik dan tentunya unik untuk kita pahami dan telusuri lebih dalam. Ada hal yang berbeda dari usaha lainnya, usaha ini mempunyai satu keunggulan atau keunikan tersendiri. Dari proses tersebut pun kami mendapatkan pernyataan bahwa “Mesin tidak akan mati dan selalu mengikuti perkembangan zaman”. berikut adalah hasil wawancara kami.

Siapa sih pemilik bengkel SAHABAT MOTOR JAYA

Pendiri bengkel “Sahabat Motor Jaya” bapak Saparji yang berasal dari desa Sidorejo sendiri. Bengkel tersebut buka jam 07:00 sampa 16:00. Mempunyai Empat karyawan bengkel dan semua handal* dalam menangani motor rusak. Pelayanannya sangat bagus dan hasil perbaikannya pun memuaskan para yang punya motor. Jika motor anda mempunyai masalah atau butuh konsultasi agar motor anda jadi lebih greget !! Datanglah ke bengkel Sahabat Motor Jaya desa Sidorejo Pasti anda puasss di jamin.

Setelah dari bengkel kami menuju lokasi berikutnya yaitu tempat ukir meja,  kaligrafi lemari,  kaligrafi pintu dan lain-lain. Saat sampai disana kami langsung bertanya kepada pemilik kerajinan ukir kayu itu setelah menanyai kami langsung membuat pemetaan di google  maps setelah itu kami berpamitan dan berterimakasih kepada pemilik, setelah itu kami menuju lokasi yang berikutnya yaitu toko sembako rizky barokah.

Setelah dari tempat Mebel kami serta Pak Junaidi langsung mengendarai sepeda motor masing-masing menuju ke tempat Bu Iis salah satu pemilik toko sembako di Desa Sidorejo. Setelah sampai ke tokonya Bu Iis sedikit kaget karena kami datang kesana dengan ramai-ramai tetapi tidak membeli apa-apa tetapi kami malah memberikan pertanyaan tentang toko sembako nya Bu Iis,setelah bertanya tanya kamipun langsung memfoto toko sembako Bu Iis untuk di bagikan ke google maps agar semua orang tau bahwa toko sembako Bu Iis itu serba ada dan murah meriah.

Jam terus berputar, pad pukul 15.25 kami menuju ketempat berikutnya yaitu madrasah ibtidaiyah manbaul fallah sampai disana sekolah pada libur karena hari jumat akhirnya kami bertanya kepada bapak junaidi.

Lokasi yang terakhir yaitu di Mts raudatul fallah cuma bisa mengambil foto dan memetakan sekolah tersebut. Akhirnya semua sudah selesai dan kami bersama pak junaidi kembali ke balai desa jam 15.30 sampai disana kami beristirahat.setelah itu pak lurah berterima kasih kepada kami dan kelompok lainnya karena sudah memetakan lokasi didesa jumput dan setelah itu kami foto bersama setelah itu kami pulang pukul 17.00.terima kasih.

Penulis: Ahmad Saiful Huda, Riza Adi Witantra, Febby Anggraita, dan Watif Nur Anikoh

0 Komentar