Muncak Gunung Argo

Assalamualaikum wr.wb

Hari ini saya akan bercerita sedikit, tentang pengalaman pada saat muncak di gunung argo Lasem. Pada hari sabtu tanggal 20 oktober 2018, kelas Xii ips 5 mengadakan acara muncak digunung argo& dilanjutkan pemberdayaan kerajinan lokal dari bambu di desa Dadapan, yang lebih tepatnya di dukuh siwalan sukun.

Pada saat ingin melaksanakan tugas pemberdayaan, kami telah mempersiapkan perlengkapan-perlengkapan yang dibutuhkan dalam melakukan muncak&pemberdayaan.Dari mempersiapkan tenda, konsumsi,kemudian... proses pemberangkatan bagaimana,lalu ada tikar,kompor lapangan dll

Jam 15.00 WIB, kami sudah mulai berkumpul si SMA N 1PAMOTAN, dengan membawa perlengkapan yang sudah ada.Seiring waktu dengan melewati jalur berlika-liku,naik- turun menuju ke puncaknya,kami melalui jalur desa ngroto,kec.pancur kab.Rembang.

Tepat jam 16.00 WIB , kami sudah sampai di ds.Ngroto,kemudian kami menyewa tempat untuk penitipan sepeda motor kami, untuk waktu semalaman pada saat kami muncak.Setelah selesai menyewa tempat, kami langsung melanjutkan perjalanan ke puncak dengan jalan kaki dan tak lupa membawa barang" yang sudah dibawa dan itu cukup rumayan banyak.Untung saja yang berbobot dibawa sama teman laki" jadi yang perempuan hanya membawa barang bawaannya sendiri.

Jalan terus berjalan, lama kelamaan jalan menuju ke puncak sudah mulai terasa kelelahan kerna medannya cukup tinggi, terus naik,naik,pantang menyerah. Saya, pak suhadi, warti,khosik, tika, ayu, mas ali,dan kak mufid bagian rombongan belakang dalam team kami.. Sedangkan yang rombongan depan ada kak badri,dafit,fifi,rizal,reza,katanya ingin cpet sampai dan mencari tempat untuk mendirikan tenda.Saya sudah tertinggak jauh dengan mereka.Matahari sudah mulai tenggelam(sunset) ,udara makin sejuk,karna disekeliling perjlanan banyak pepohonan yg tinggi,dan rindang.saya,kak mufid, rizal,fifi, mulai duluan berjalan menyusul rombongannya kak badri.sedangkan team pak suhadi masih dibelakang.karna menunggu warti yang katanya sudah tidak kuat lagi untuk mendaki.Dan akhirnya tertinggal jauh dengan saya.Adzan magrib sudah berkumandang saya dan rekan" masih dipertengahan jalan.Sembari menunggu adzan magrib usai,kami sejenak beristirahat dengan suara hewan dihutan dalam kegelapan ditengah hutan.Adzan telah usai kami langsung melnjutkan jalan masih terus naik,tulang lutut saya mulai lelah,dan saya bicara agar rehap sebentar.Di suatu ada seorang laki" dia juga pendaki gunung argo,ia ntah mau ngambik apa ,sehingga dia turun kembali.Terus" berjalan dengan sehu yang sejuk,akhirnya telah sampai diperkemahaan puncak gunung argo,sekitaran jam 19.00WIB.Selanjutnya saya membantu masang tenda untuk tidur kami khusus para cewek.yang laki" tidur diluar tanpa tenda. Perut mulai lapar,barang dari rumah dikeluarkan dan acaranya masak"ala kadarnya,dari mukai mie,minuman hangat,yang dimakan,dan minum ditempat wadah ya juga ala kadarnya yaitu dari botol aqua dipotong menjadi 2dan udah siap dinikmati.

Tepat pukul jam 20.00 WIB, kami breefing sebentar dengan team polhut dari lasem yang sudah menyempatkan untuk menemani kami.seperti biasa dijelasin tentang perhutanan/wilayah hutan gunung argo ini dll. Tak lupa kami juga dipersilahkan untuk ngasih saran dan pengalaman.Dimalam ini ada kisah yang tdj dilupkan tentang saya, pada saat saya disuruh untuk mengungkapkan saran, pertama" kan basa-basi seperti itu tanpa disadari saya mengucapkan "SELAMAT SIANG" kemudian teman" dan rekan team polhut pada ketawa. Saya langaung ya agak malu.setelah breefing kami langsung berpamitan untuk kembali ke tenda setelah sampai ditenda teman" ada yang didlm tenda untuk istirahat sejenak ada yang sibuk membuat api unggun, dan ada juga yang nyanyi menghibut diri pada saat dipuncak dengan diiringi musik gitar dari pak suhadi.dan angin yg sepoi" sampai" gx tersa udah jam 22.00wib. Kami dikasih arahan ke pda kak badri yg selaku pendamping. Pada saat jm 03.00 pagi saya terbangun karna suhu yg dingin banget .. Dan itu tdk. Bisa tidur kembali lagi  maka saya dan Khosik menunggu sunrise terbit .

Pukul jam 05.30wib, kami sudah bergegas membereskan perlengkapan" masing", perubuhan tenda,kemudian berpamitan ke pda team polhut mengucapkan terimakasih lalu kami foto untuk dia badikan  menjadi album kenangan dipuncak argo.lalu kami langsung perjalanan turun gunung menuju ke parkiran yg kita ttipkan.

Jam 08.00 kami langsung menuju ke desa dadapan titik kumpul baledesa dadapan, kemudian kami sarapan pagi untuk menambah energi pulih kembali. Setelah sarapan pagi usai kmi di kasih pengrahan dari bpk kepala desa, dalam desa dadapan tersebut.

Jam 9.30 WIB, kami langsung menuju ke tempat dukuh siwalan sukun yang disana memiliki kearifan lokal seperti kerajinan bambu. Misalnya wadah tisu, cangkingan,dunak, kalo  dll.setelah nyampai di desa dukuh siwalan sukun kami dipersilahkn kepada kepala dusun untuk melihat dan membuat alamat digoogle maps yaitu tentang kerajinan wadah buah mangga, setelah itu kami langsung membagu tugas yaitu mewawancarai kepada orang yang bekerja membuat kerajinan dari bambu, team saya dpat pengrajin membuat dunak kecil.setelah usai wawancarai kami kembali lagi ke tempat dukuh dusun tersebut, lalu kami dibuatkan peta konsep alamat siwalan sukun, oleh pak jogoboyo..

Jam 11.30wib kami langsung belum pamitan pulang menuju baledesa dlu untuk mengambil barang dan tak lupa foto  sama pak kadesnya.

Dan akhirnya setelah itu selesai semua waktunya kami untuk pulang kerumah masing"😊😊