Hidup Ala Santri


Santri adalah seseorang yang belajar menuntut ilmu agama dan ilmu dunia dikalangan pondok pesantren. Tidak asing bagi kita mengenal pondok pesantren, karena disekitar kitapun pasti ada pondok pesantren. Dikalangan pondok pesantren pula para santri yang belum mengenal satu dengan yang lain mulai berinteraksi. Mencoba untuk memahami kondisi, memahami karakter kawan seperjuangan dan mencoba untuk saling ada mengerti keadaannya.

Dipondok pesantren pula dibedakan antara santriwan maupun santriwati. Hampir sama karakter para santri, yang saya tahu santriwati juga punya keunikan tersendiri. Santriwati apabila bertemu atau tidak sengaja berpapasan dengan santriwan,santriwati akan menundukkan pandangannya dikarenakan zina mata. Santriwati juga saat ia hendak mandi ia selalu mengantrikan alat mandinya didepan kamar mandi supaya tidak berebut saat ia hendak mandi. Kegiatan lainnya juga unik seperti kena takziran pada saat tidak mengerjakan tata tertib pondok, apabila ingin pakaiannya licin ia taruh pakaiannya dibawah bantal yang digunakan untuk tidur, tukar menukar tas sekolah, pinjam meminjam, dan lain sebagainya.

Santri tiba saatnya ia harus mengaji dan menghafalkan kitab disitulah ia akan membawa kemana-mana kitab untuk menghafalnya. Kadang kalau menghafal ia mencari tempat tersendiri untuk menghafal. Adapula yang menghafalkan dimasjid sampai ia ketiduran, banyak lagi keunikan para santri.

Santri biasanya gak afdol kalo gak berkutu rambutnya, katanya kalau berkutu rambutnya ilmu nya berkah. Pada saat ia akan makan,hal paling lucu saat makan bersama itu makan sama-sama dengan beralas daun pisang bagaikan makan direstoran berbintang hehehhe....
 
Penulis: Fatimatus Zahroh
Kelas:XI IPS 1
No:12
Sekolah:SMA N 1 PAMOTAN

0 Komentar