Perubahan Sosial di Desa Kumbo Sedan

Dahulu kala di desa kumbo, masyarakat belum mengenal apa itu modernisasi,jalan pada waktu itu masih berbatu dan tidak ada penerangan sama sekali.

 Masyarakat pada kala itu bermata pencaharian sebagai petani dan pedagang kayu bakar dan arang, masyarakat pada kala itu menjual arang diLasem dengan berjalan kaki


 Untuk alat transportasi pada masa itu sangat sulit karena jalan berbatu dan minimnya penerangan dan medan jalan yang lumayan sulit.


 Petani saat itu sulit untuk menjual hasil tani mereka.Budaya saat itu sangat berbeda dengan sekarang kala itu masyarakat berbondong-bondong keMasjid untuk melakukan solat fardhu berjamaah sama-sama.


 Sekarang masjid menjadi lumayan sepi karna masyarakat mementingkan urusan nya masing-masing.


Dulu komunikasi masyarakat hanya menggunakan omongan orang satu keorang lain untuk memberitahu dan menggunakan kentongan.


Sekarang masyarakat sudah modern karna sudah mengenal hp
Petani sekarang juga tidak susah lagi untuk menjual hasil pertaniannya karna transportasi sudah mudah dan jalan sudah mudah untuk dilalui kendaraan dan mata pencaharian masyarakat desa Kumbo juga bukan hanya petani saja melainkan sopir,pns,guru,mantri dan lain-lain, anak-anak kecil sekarang mempunyai Hp beda dengan dulu anak-anak kecil lebih suka bermain di lapangan dan pelataran masjid.


 Demikian perubahan sosial yang ada didesa Kumbokarno, semoga kemajuan di desa saya menjadi lebih berkembang dan pesat, sekian terima kasih.



Nama:Cahyo Murtadho
Absn :03
Kelas:XII IPS 5
Materi Perubahan sosial diDesa Kumbo

0 Komentar