PENGAMATAN DAN WAWANCARA DI PASAR HEWAN PAMOTAN- Umi Lathifah


Selasa pagi tepatnya tanggal 20 Februari 2019 ,kelas Xi ips 3 dan XI ips 4 SMA N 1 PAMOTAN melakukan penelitian di pasar hewan Pamotan. Di pagi yang cerah ini kami berkumpul di POLSEK PAMOTAN terlebih dahulu.Kami parkir dengan tertib  di tempat parkir yang sudah disediakan. Walaupun diantara kami ada yang telat, berbicara sendiri dan ribut sendiri itu tidak menjadi alasan untuk tetap melaksanakan kegiatan ini.  Di POLSEK inilah kami di beri arahan oleh pak polisi. Dengan gagah dan berwibawa ia memberi bekal untuk kami agar kita dapat melaksanakan kegiatan ini dengan baik.

Tak lama kemudian kami berjalan menuju ke pasar sapi di pandu Pak Suhadi selaku pembina kegiatan penelitian ini. Jalan sangat macet di sertai bau sapi dan tai sapi yang berserakan. Tapi itu tidak menjadi alasan buat kami untuk mengeluh. Kami tetap melanjutkan perjalanan.

Kurang lebih 2 menit kami sampai di pasar sapi. Saya sendiri baru pertama kali mengunjungi pasar sapi ini. Saya terkejut melihat suasana di pasar sapi saat itu. Suara sapi di sana sini, suara antara pembeli dan penjual membuat saya ingin keluar dari area pasar. Di sana kami melakukan wawancara dengan penjual ataupun pembeli sapi. Kami baru tahu bahwa ternyata bukan hanya sapi yang dijual di sana ,tapi juga ada kambing yang bisa dijual di sana. Tak hanya penjual hewan yang ada di sana , bahkan penjual minuman dan makanan juga ada.Kami melakukan wawancara dengan tidak semangat karena para pengunjung di pasar sapi merasa terganggu dengan kedatangan kami. Kami di marahi oleh pengunjung pasar bahkan kami di suruh untuk pergi jauh dari pasar sapi. Tapi kami mengabaikan perkataan itu ,kami tetap melanjutkan wawancara.Disana saya dan kelompok saya berwawancara dengan bapak Mijan. Dengan tatapan matanya yang tajam ia mempu menjawab semua pertanyaan dari kelompok saya. Dengan sopan dan gagah ia menjawab dan memberi informasi tentang pasar ini kepada kelompok saya. Waktu saya mau pindah tempat ada sapi yang jingkrak - jingkrak kemudian baju saya kotor.

Setelah kami melakukan penelitian kami kembali ke POLSEK ,kami mendapat banyak manfaatnya. Kami bisa mengetahui keadaan pasar, mengetahui harga sapi dan kambing , mengetahui hewan yang unggul dijual ,dan banyak lagi.

Sebelum kami kembali ke sekolah ,kami di beri arahan oleh salah satu pak polisi yang gagah. Kemudian kami kembali ke sekolah dengan keadaan selamat. sekian laporan dari saya bila ada kekurangan mohon maaf.

Nama  :Umi lathifah
Kelas   :XI IPS 3
Nomer :31

0 Komentar