MEMBUAT DESA SIDOREJO LEBIH MAJU DAN BERKEMBANG



       Pada hari jum.at saya dan teman teman lainnya SMA.N 1 Pamotan kelas xll ips.4 melakukan kunjungan lapangan di desa sidorejo yang di dampingi oleh bpk suhadi. Dengan tema pemberdayaan komunitas desa sidorejo agar lebih maju.

        Habis jum.atan pada pukul 13.00 wib saya perjalanan menuju ke sekolah,berkumpul di halaman SMA N 1 pamotan saya bersama teman teman berkumpul dan menunggu teman yang belum datang  dan semua teman yang sudah habir saling mempersiapkan materi dan perlengkapan  yang akan di bawa ke desa sidprejo tersebut.

     Setelah semua berkumpul saya dan teman teman melakukan perjalanan menuju ke desa sidorejo pada pukul 13.25 wib.

Sampai di balai desa sidorejo  lalu kita mendapatkan informasi dan materi yang di sampaikan oleh bpk suhadi dan kita di perkenalkan semua anggota kerja desa sidorejo dan yang mendampingi kami .

      Dalam paparan keadaan umum desa sidorejo tersebut setelah semua di jelaskan dengan jelas lalu saya mencatat  hal" yang penting buat nanty untuk membuat bekal kita komunitas yg ada di desa sidorejo .

   Setelah itu pada pukul 14.00 pembagian kelompok dan pembagian pendamping ada 10 kelompok dan di bagi menjadi 4 kelompok lgi dan saya mendapatkan bagian ke dusun dukuh Glodog  bersama teman" saya untuk melakukan potensi apa saja yang ada di dukuh Glodog   tersebut.
dukuh Glodog untuj melakukan pengamatan di dusun tersebut yaitu kelompok 7_8 setelah itu pemetaan potensi ddukuh Glodok saya lasung bergegas berangkat ke dukuh Glodok  tersebut menggunkan motor dan lasung menuju lokasi melakukan potensi yang ada didukuh Glodgk  .di sana terdapat bannyak potensi alam yaitu;

    1.kali sendang dukuh Glodog  yaitu kali yang di gunakan orang untuk mencari air untuk memandikan hewan atau yang lain kali itu tidak kering  saaat musim kemarau dan kali itu bagus untuk di buat irigasi pertanian



      2. Jembatan sendang dukuh Glodog  jembatan itu di buat oleh masyarakat agar saat melewati sungai orng tidak basah jegur kli lalu di buat jembatan untuk penyeberangan ,jembatan itudi gunakan masyarakat saat mau mengambil air  yang ada di sumur di bawah  pohon besar .sumur itu musim apa aja tidak kering dan masih air.nya tetap  gk berubah masyarakat bannyak mengambil air tersebut untuk di jadikan air minum sehari hari. Yang di letaknya di pinggir sawah air.nya saant jernih dan di samping itu bannyak buah mengkudu yang saat itu di panen masyarakat untuk di bagikn ke dusun dukuh Glodog  tersebut.


   
Buah mundu sangat mahal harganya dan buatnya enak sekali jika masyarakat banyak menanam dan di buat tmabah perekonomian lebih bagus. Jembatan ini dan sumur ini di tanggunh jawapi oleh bpk mashuri.



     3.  Ladang tomat yang di punyai oleh bpk khoirun anwar dia adalah pengurus perkebunan tomat yang ada di dusun dukuh Glodog  umur.nya 29 th alamat .rt.3 rw.2 dia adalah seorang petani tomat yang saat itu sedang panen toman buah tomat itu sangat bagus .

  Kendalanya dia mengaku tomat harganya turun di karenakan musim panas air yang kurang menyebabkan tomat bannyak yanh masih kecil udah pada menguning sekali kendala tersebut menyebabkan bpk khoirun anwar  merasa resah dan teranportasi dan harga tomat tidak seimbang sehingga tidak memuaskan ..




     4. Sumur tua  sumur ini di rawar olej mbh isnani alamat rt.2 rw.3. Sumur ini di bangun pada bulan mei 1964 sumur ini sangat tua dan air.nya bersih sekali dan masyarakat bannyak mengambil air tersebut  pada saat musin kemarau air tersebut masij ada tidak bisa mengering .

Mbh isnani sangat merawat sekali dan menjaganya agar tidak rusak.jika ada bantuan sumur tersebut bisa di buat lebih bagus lgi agar masyarakat bisa mengambil air bersamaan tidak saling tunggu. Mbh isnanu menyatakan sumur itu peninggalan penjajah.

       Tukang pijat bu romlah. Dia adalah tukng pijat capek dia bekerja sehari hari tukang pijat untuk memenuhi kebutuhan sehari hari dia berumur 23 th.dan punya 3 anak  dia membuka pekerjaan  pijat buka 24 jam tergantung orang meminta di pijat dia melayani .

    Penghasilan yang di terima oleh bu romlh adalah seiklasnya orng yang di pijat tersebut bu romlah belom bannyak di kenal orang seorng tukang pijat.

        Peternak ayam. Dia adalah seorang bapk h kholis fuad dia berumur  53 th alamat rt.2 rw.3 dia mempunyai peternakan ayam boiler  yang mengambil bibit dari lasem.krgan.karang asem. Dia tidak punya anak tpi sudah di ambil oleh sang pencipta  waktu kecil


    Dia menyekolahkan 26 anak orang  lain yang sekarang udah menjadi sukses dia mendudik masyarakat untuk belajar bagemana cara berternak ayam yang sukses dia melakukan pembuatn lpangan pekerjaan yang lulus dari SD.SMP. tdak sekolah di ajari bagemana cara berternak ayam yang baik .setiap 5 bulan dia memperkerjakan karyawan di ambil oleh perusahaan untuk di jadikan karyawan di perusahaan besar  tersebut.



        Jalan pedel  di buat  untuk tranportasi masyarakat ke sawah  ke jalan desa agar mudah cepat sampai tetepi jalan tersebut masih bannyak  batu besar dan jalannya cuma beberapa meter saja.  tetapi bagus di buat jalan tersebut masyarakat bis untuk lasung ke ladang .

        Menggunakan kendaaraan yang lasung ke ladang mudah dan cepat sekali untuk ke ladang tersebut lewat jalan pedel tersebut untuk ke ladang.

Penulis adalah Mohammad Romdoni


0 Komentar