Pemetaan Dan Pemberdayaan Komunitas Di Era Millenium


Kegiatan pembelajaran sosiologi di Desa Sidorejo-Pamotan mengenai pemetaan dan pemberdayaan komunitas di era millenium.

Pukul 13.30 saya dan teman temn kumpul di SMA 1 Pamotan setelah itu saya dan teman teman menuju ke balai desa Sidorejo-Pamotan disana sudah ada pak suhadi selaku guru mapel kami dan pendamping dari desa Sidorejo ada sambutan dari balai desa dan lain-lain setelah itu pak suhadi segera membagi kelompok untuk segera menuju ke Dukuh yang sudah di bagi oleh pak suhadi.

Dan kelompok kami pun mendapat dukuh glodok segera kelompok saya menuju ke kali di sana saya di dampingi oleh lek Mashuri dan Busholatif yaitu di kali yang terdapat jembatan untuk mengakses penyebrangan di sana saya dan teman teman segera mewawancarai penduduk yang di sana kami menanyakan manfaat kali yaitu untuk mabdi, nyuci dan sumber lainnya panjang jembaran yang di bangun yaitu 12cm dari anggaran desa.

Setelah ke kali saya dan teman teman ke sumur tua yang di buat pada tahun 1967 yang berada di depan rumah mbah isnaini maanfaa sumur itu banyak sekali yaitu untuk mandi dan sanyo sumur itu tidak pernah kekeringan.

Lalu kami ke tukang pijat yang bernma ibu lomrah ia sudah lama menjadi tukang pijet  bayaran seikhlasnya dan kami'pun mendadi bahan percobaan untuk teknik pijatnya Selain tukang pijet ibu lomrah juga menjadi ibu rumah tangga ia mempunyai anak tiga.

Dan terakhir saya dan teman teman menuju ke perternakan ayam di sana lansung di sambut dengan baik dengan Pak kholis fuad Ia mempunyai berbagai usaha  contohnya jamu herbal kami segera mewawancarainya yaitu manfaat berternak, rugi dan untung berternak, melatih karyawan tingkat SD-Sarjana selain itu kami juga di ceritan tentang kehidupan pak kholis fuad.

Selanjutnya kami kembali ke balai desa untuk membahas hasil pemetaan dan pemberdayaan setelah itu kami di beri sedikit cerita lalu kami foto bersama.

0 Komentar