PEMBERDAYAAN KOMUNITAS DI DESA SIDOREJO


Kami semua kelas 12 ips 4 melakukan kegiatan pada tanggal 26 Oktober 2018 di Desa Sidorejo kecamatan Pamotan kabupaten Rembang.pertama kami kumpul di SMA NEGERI 1 PAMOTAN jam 13.30.jam 02.00 sampai di Balai desa Sidorejo.kami semua di perkenalkan dengan lembaga-lembaganya.tidak lupa juga bapak lurahnya.mulai dari yang tertinggi kedudukanya hingga yang terendah.

Sidorejo adalah salah satu Desa yang mempunyai potensi alam yang luar biasa bahkan tradisinya masih beragam.ada banyak varian kegiatan yang langka,tetapi di Desa Sidorejo ini beda dari segi potensi pemberdayaan komunitas.seperti pijat bayi,pijat kaki,Riski korden,Sumber mata air (sendang), kuburan,Tk Bakti Bangsa,rumah makan bakso mbak hikmah semuanya itu adalah potensi yang ada di Desa Sidorejo.

Saya melakukan perjalanan dari rumah ke rumah yang lain dan beda cerita,dengan teman-teman yaitu puja nur sintiya Dewi,Rudy eka Kurniawan,yusuf efendi dan Siti nur Fadlilah tidak lengkap kalo tidak di dampingi oleh  pendamping. 

Mas Samsul adalah salah satu perangkat yang mendampingi kelompok kami.saya sangat senang betapa luar biasanya masyarakat yang masih melakukan kegiatan-kegiatan yang istimewa yang mereka lakukan dan mereka lestarikan hingga sekarang masih bertahan.Desa Sidorejo memiliki sumber air yang begitu banyak sampai-sampai tidak hahis hingga sekarang.nah inilah sumber air yang tidak habis sampai sekarang ini.namanya sumur lanang wedok.

Tidak hanya  sampai di situ perjalanan kami tetapi masih ada lagi, potensi yang luar biasa banyaknya.kami juga melakukan pemetaan di tempat yang sudah di jadikan titik untuk melakukan pembelajaran di daerah-daerah yang bisa di petakan.hari mulai sore saya sekelompok sudah mulai lelah akan tetapi, dengan adanya tekat dan rasa penasaran yang selalu menghantui di benak kami,ingin rasanya lama-lama Desa Sidorejo.

Tidak terasa karena semangat yang tidak pantang menyerah membawa kami untuk terus melakukan kegiatan pembelajaran yang kami lakukan sekarang ini.rasa capek hilang seketika,ketika sudah menggali dan mewawancarai, memotret dan mencari tau lebih dalam dan membantu masyarakat Desa Sidorejo.  

Potensi tidak habis,masih banyak lagi seperti Tk Bakti Bangsa letaknya sangat strategis di dalam desa Dadapan Sidorejo.di TK kami melakukan pemotretan mengamati daerah sekitar.saya sangat senang  sekali bisa belajar dan mensurvei langsung di Desa Sidorejo.

Tk ini adalah salah satu hasil pemotretan saya yang saya maksut tadi yaitu tempat di mana anak-anak belajar dan mendapatkan ilmu yang mereka laksanakan di masa-masa kecil.tapi sayang saat saya melakukan pembelajaran di TK ini tidak ada murid-muridnya.

Terus menerus kami menelusuri jalan yang berliku-liku untuk mencapai  rumah penduduk dari satu rumah ke rumah yang lain.setelah darie TK saya sekelompok ke rumah salah satu masyarakat yang mempunyai bisnis yaitu korden.bisnisnya di namakan Riski Korden.letaknya sangat berdekatan dengan TK Bangsa.

Kamipun melanjutkan perjalanan yaitu di rumah pijat bayi.bahkan hampir semua rumah yang mempunyai bisnis ataupun tempat-tempat yang mau di gunakan untuk melakukan pembelajaran sangatlah mudah untuk kita jumpai bahkan hanya menempuh sedikit waktu-waktu dari rumah ke rumah yang istimewa artinya rumah yang mempunyai sejuta hal yang mungkin langka untuk di temukan masyarakat.

Tidak terasa kami sudah mau selesai menelusuri dan memetakan semua rumah yang mempunyai bisnis atau sejuta ketekunan dari masyarakat sekitar.jam terus berjalan seiring perjalanan kami hari pun sudah mulai membuat kami gugup dan waktu  sudah habis jam 04.00 kami kembali ke Balaidesa Sidorejo.alhamdulilah kami ucapkan dengan hati yang tulus akhirnya kegiatan waktu itu selesai dengan tepat waktu dan mendapatkan 10 tempat yang di petakan hanya 4 tempat yang bisa di petakan.walaupun tidak banyak tapi setidaknya bisa membantu masyarakat lainya.

Ucapan Terimakasih kepada Bapak Lurah serta lembaga-lembaga yang sudah menerima dan menyambut kami semua dengan baik.terimakasih juga senek-seneknya.dan pendamping dari satu kelompok dengan kelompok lain.

0 Komentar