Pembelajaran dan Kebersamaan


Jumat, 26 Oktober 2016 saya dan teman-teman kelas XII Ips 4 melakukan  kegiatan Pemberdayaan Komunitas  di Desa Sidorejo kecamatan Pamotan kabupaten  Rembang. Sebelum ke Desa Sidorejo, aku dan teman-teman kumpul di SMA Negeri 1 Pamotan terlebih dulu. Jam 14.30 wib tepat kita harus sudah di sekolahan, tapi waktu itu di sekolahan masih sepi. Tidak lama kemudian teman-teman sudah datang di SMA, dan sebagian yang rumahnya dekat dengan Desa Sidorejo langsung menuju lokasi. Yang kumpul di sekolah kemudian kita langsung menuju lokasi yaitu di Balai Desa Sidorejo.

Sekitar 10 menit sampai di tempat. Kemudian kita duduk di tempat yang sudah disediakan dan mendengarkan instruksi dari pak Suhadi selaku guru Sosiologi. Acara selanjutnya yaitu pembukaan beserta perkenalan oleh pak Mohammad Sangep selaku kepala desa. Pak Mohammad Sangep juga menjelaskan sedikit  tentang Desa Sidorejo. Setelah itu perkenalan dari semua perangkat desa yang ada di tempat. Pembentukan kelompok dan pembagian tempat, dengan didampingi oleh perangkat. Satu kelompok terdiri dari 3 orang, saat itu saya dan kelompok saya dapat di dukuh Tondo. Saya dan kelompok saya beserta bapak perangkat yang menemani kemudian langsung menuju wilayah tersebut.

Sampai di lokasi yaitu di tempat penggilingan padi. Di wilayah pertama sebenarnya ada 2 yaitu di penggilingan dan makam. Kelompokku saya memetakan di google map tempat penggilingan padi, sedangkan temanku dari kelompok lain memetakan makam. Saat memetakan kami membagi tugas ada yang mencatat, bertanya, dan memfoto, kami agak sedikit kebingungan saat ingin memasukkan kedalam google map, tapi akhirnya kebingungan itu bisa terselesaikan. Setelah itu lanjut ke tempat berikutnya yaitu di toko obat pertanian yang tempatnya tidak jauh dari tempat penggilingan tersebut. Lalu ke tempat penjahit, potong rambut yang tempatnya cukup berdekatan jadi kita jalan kaki. Kemudian kita mengambil montor untuk menuju ke mushola rodhotus sholihin yang tempatnya cukup jauh. Setelah itu kita ke tempat tukang pijit dan servis elektronik yang rumahnya tidak jauh dari mushola tersebut.

Karena jam sudah hampir 16.00 wib kita pun menyelesaikan pemetaan dan kembali ke balai desa. Tapi, pada saat perjalanan bapak perangkat yang mendampingi kita mengajak kita untuk berhenti di tempat yang ketinggalan yaitu di angkasa glass, pengolahan sampah, alat tulis.

Persentasi perwakilan kelompok
Setelah selesai, kemudian kita langsung kembali kumpul ke balai desa. Sampai disana sudah ada banyak teman-teman, lalu kita di kembali menulis hasil tadi dengan rapi di kertas yang baru. Setelah selesai kita kumpul dan duduk dengan teman yang lain yang sudah selesai. Sambil Menunggu teman  yang masih menyelesaikan tugasnya kita makan jajanan yang sudah di siapkan oleh perangakat. Tidak hanya makan kita juga foto-foto dengan teman yang sudah selesai tadi. Setelah beberapa menit dan waktu sudah jam 16.00 lebih kita semua duduk dengan rapi, dan presentasi hasil yang setiap kelompok di wakili oleh satu orang. Presentasi dengan cara membacakan hasil yang di dapat secara singkat. Kemudian di lanjut acara penutup oleh pak Suhadi, pak Songep, dan salah sati perangkat. Perangkat tersebut juga memberi motivasi atau sedikit pengalamannya kepada kita. Karna waktu sudah sore perangkat tersebut mempercepat ceritanya. Acara selanjutnya kita foto bersama dengan semua perangkat yang ada di sana, Pak Suhadi pun tidak ketinggalan. Lalu kita bersamalaman dan berpamitan dan pulang ke rumah masing-masing. 9
   
Penulis adalah Istirokhah Putri Cahyani,
siswa SMA Negeri 1 Pamotan kelas XII IPS 4.

0 Komentar