LAPORAN KUNJUNGAN LAPANGAN - SITI ROHMATULLAILIYAH

Pada hari kamis tanggal 20 September 2018, siswa-siswi SMA N 1 PAMOTAN kelas X dan XI melakukan kegiatan "outdoor study" di blora. Sekitar pukul 06.30 kami semua berkumpul di SMA N 1 PAMOTAN untuk bersiap-siap ke blora, pada pukul 07.00 kita akhirnya bisa berangkat ke blora dengan naik bis masing-masing yang telah ditentukannya.

Perjalanan kami didalam bis dipandu oleh para aktivis dari Kertanegara. Setelah perjalan sekitar 2 jam kami akhirnya tiba di sebuah pasar rakyat dan disana kami diberi pengarahan mengenai sedulur sikep. Dan setelah di beri pengarahan kami kembali ke bis untuk menuju ke kunjungan yang pertama yaitu di jepangrejo blora. Setelah tiba disana ternyata bis kami tidak bisa masuk akhirnya kami semua jalan kaki dengan jarak yang cukup jauh. Setelah sampai disana kita disambut dengan cukup ramah oleh keluarga dan kerabat mbah Suparji. Kami diberi suguhan singkong rebus, pisang, jagung rebus, kacang. Itu semua adalah makanan khas dari desa jepangrejo. Setelah beberapa saat akhirnya diadakan sesi tanya jawab yang berkaitan dengan sedulur sikep dan kearifan lokal budaya. Kemudian sesi tanya jawab pun diakhiri pada jam 10.30 dan dilanjutkan dengan foto bersama, setelah foto bersama kita melanjutkan perjalanan yang kedua yaitu di desa klopo duwur, sebelum sampai didesa klopo duwur kita makan terlebih dahulu dan setelah itu sholat.

Setelah semuanya selesai sholat kami melanjutkan perjalanan ke desa klopo duwur, tapi lagi-lagi bis kami tidak dapat sampai ditempatnya langsung, akhirnya kami jalan kaki lagi sekitar 3km. Setelah tiba disana kami juga disambut ramah dan bersalaman dengan keluarga mbah poso, dan kamipun kumpul di sebuah pendopo ditempat dukuh karang pace desa klopo duwur. Disitu kami diberi sedikit penjelasan tentang sedulur sikep, dan dilanjutkan oleh sesi tanya jawab. Setelah beberapa jam kemudian sesi tanya jawab diakhiri dan kamipun foto bersama lagi. Kemudian kami melanjutkan Perjalanan lagi ke kunjungan yang ketiga yaitu ke perpustakaan pataba. Setelah sampai di sana kami diberi penjelasan oleh bapak susilotoer sebagai pendiri perpustakaan PATABA tersebut. Kami merasa bangga dengan beliau, beliau mempunyai semangat yang tinggi untuk mengharumkan nama bangsa, dan ternyata beliau juga pernah di undang di acara hitam putih , beliau sosok panutan bagi generasi muda jaman sekarang. Setelah beberapa saat diberi wawasan akhirnya kami disuruh untuk masuk ke perpustakaan PATABA untuk melihat-lihat dan membaca. Disana kami mendapatkan banyak pengalaman yang bisa diambil hikmahnya, kemudian kami berfoto bersama dan bersalaman untuk pulang.  Kami kembali ke bis bersama-sama ke SMA N 1 PAMOTAN. Setelah sampai di SMA kami pun pulang kerumah masing-masing.

NAMA    :SITI ROHMATULLAILIYAH
KELAS    :XI IPS2
NO ABS : 29

0 Komentar