Laporan Kunjungan Lapangan Sedulur Sikep Blora Dan Kunjungan Ke Perpustakaan PATABA - Fadila Ahya


Pada tanggal 20 september 2018, kami siswa siswi SMA Negeri 1 Pamotan kelas 10 dan 11 jurusan IPS akan mengadakan kegiatan kunjungan lapangan ke sedulur sikep yang ada di Blora. Sebelum tanggal tersebut kami diberi video sebanyak 5 video dan bimbingan agar kami dapat melaksanakan kegiatan ini dengan lancar.

Pada tanggal 20 september 2018, tepatnya jam setengah 6 saya berangkat dari rumah. Saya menempuh waktu perjalanan selama 20 menit untuk sampai ke SMA Negeri 1 Pamotan. Setelah sampai di SMA ternyata masih sepi. Dan ternyata Bisnya pun terlambat yang seharusnya berangkat jam 6 sampai jam setengah 7 Bis nya pun belum juga datang. Lalu kami dikumpulkan ke lapangan volly untuk diberi penjelasan lebih lanjut mengenai keberangkatan ke Blora dan berdoa bersama.

Setelah kami berdoa kami berlarian menuju ke Bis dan kami mencari tempat duduk sendiri. Akhirnya kami berangkat mengendarai bis (Tayo). Setelah beberapa jam kami sampai di Pasar Rakyat di Blora. Disana kami diperkenalkan dengan anggota explor Blora.

Setelah itu kami naik ke Bis dan melanjutkan perjalanan menuju rumah Mbah Parji. Setelah sampai disana ternyata bis yang kami naiki tidak dapat masuk ke desa Jepangrejo karena jalanya yang sempit. Terpaksa kami jalan kaki. Setelah beberapa menit dengan kaki yang pegal kami sampai dirumah Mbah Parji. Disana kami berbaris dan bersalaman dengan Mbah Parji dan beberapa warga disana. Disana kami ada sesi tanya jawab tentang kehidupan sedulur sikep di Blora. Disana kami juga di beri beberapa makanan seperti jagung, kacang, dan lainya.

Setelah selesai kita melanjutkan perjalanan ke Desa Kelopo duwur. Kami berhenti di tempat parkiran untuk makan. Tenyata disana kami juga harus jalan kaki kembali. Setelah beberapa menit kami sampai dipendopo. Saya bertemu dengan Mbah Poso dan teman teman Mbah Poso. Disana kami juga diberi penjelasan mengenai sedulur sikep disana.

Setelah selesai kami melanjutkan perjalanan menuju Perpustakaan PATABA. Setelah sampai di perpustakaan kami disambut dengan senyuman hangat dari Bapak Soesilo Toer. Beliau adalah pendiri Perpustakaan PATABA. Disana kami di berikan motivasi untuk rajin membaca. Disana juga Beliau menceritakan tentang martabat wanita yang harus dijunjung tinggi. Mendengar motivasi dari Beliau saya merasakan betapa hangatnya suara beliau. Saya senang bisa bertemu dengan Beliau karena beliau mempunyai semangat yang tinggi.

Setelah itu, dengan berat hati kami mengakhiri kegiatan ini. Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar.

Penulis adalah Fadila Ahya, siswa SMA N 1 Pamotan kelas XI IPS 

0 Komentar