Berkunjung di Masyarakat Sedulur Sikep - Sabella Putri Aprilliani


SMA N 1 Pamotan mengadakan pelmbelajaran di luar lingkup sekolah dengan langsung terjun ke lapangan .. dengan objek pengamatan pada masyarakat sedulur sikep . Kegiatan tersebut di adakan pada tanggal 30 september 2018 yang di ikuti oleh siswa siswi kelas X dan XI jurusan IPS dan beberapa guru pendamping.

Sebelum pemberangkatan,saya melakukan beberapa persiapan diantaranya barang yang akan saya bwa,materi pembekalan, karna saya orang yang mabuk darat maka saya juga mempersiapkan membawa obat-obatan sepeti _Antimo dan freshcare_. Pada tanggal 29 September saya masih sekolah seperti biasa dan di sekolah saya dan teman teman merasa sangat senang karna hari yang di tunggu tunggu akan segera tiba.. kita belajar sambil liburan .. apalagi objek yang kita tuju adalah masyarakat yang menurut saya dan teman teman adalah masyarakat yang masih primitif, itu yang membuat saya sangat semangat mengikuti kegiatan tersebut. Saya sangat ingin tahu bagaiman kehidupan masyarakat disana, apa saja adat istiadatnya,kebudayaanya.. apakah sama atau berbeda jauh dengan kehidupan kita??? Ada banyak sekali pertanyaan yang membuat saya semangat mengikuti kegiatan tersebut. Sebelum kita melaksanakan pembelajaran di Blora, kami siswa siswi di beri materi berupa 5 vidio tentang kehidupan masyarakat sedulur sikep.. setelah melihat vidio tersebut waahhh unik sekali kehidupan disana dan sangat menarik untuk di tonton.Pukul 10.00 WIB kami di kumpulkan di _AULA SMA 1 PAMOTAN_ untuk menerima sesi pembekalan tapi saya tidak mengikutinya karna hasutan teman .. huhhh saya sangat menyesal.. saya melewatkan kesempatan itu . Jika saya mengikuti sesi pembekalan tersebut pasti saya akan lebih banyak lagi tahu tentang bagaimana melakukan pembelajaran di masayarakat sedulur sikep di kabupaten Blora .

Pagi harinya pukul 05.45 saya berangkat ke sekolah karna pada pengumuman yang saya terima sebelum jam 06.00 harus sudah sampai di sekolah. Huhh seperti biasa selalu tidak on time, pukul 07.00 semua baru kumpul , sebelum berangkat kita di kumpulkan apel pagi untuk menerima pengarahan tentanf pelaksanaan pembelajaran out door study dan berdo'a bersama untuk keselamatan kita dalam perjalanan kira" 15 menit.setelah apel pagi kita langsung naik bis, kami naik bis dengan teratur dan teman sebangku bis tidak di tentukan oleh panitia melainkan terserah pada anak. Saya duduk bersama teman saya Arifatul Hikmah. Akan tetapi, karna saya takut mabuk darat saya pindah ke kursi depan dekat pak sopir . Di dalam bis sangat menyenangkan.. kita bernyanyi bersma sepanjang jalan dan becanda tertawa bersama.. itu adalah momen yang sangat indah . Selang beberapa jam kita turun di pasar Blora untuk menermia sambutan dari grup panitia out door masyarakat sedulur sikep kira" 10 menit . Pukul 10.00 kita sampai di Desa Jepangrejo,saya merasakan suasana desa yang sangat harmonis dan sejuk . Mereka menyambut kedatangan kita dengan sangat ramah. Kita disuguhi beberapa makanan seoerti jagung rebus,ketela rebus dan kacang . Dan saat pembelajaran di mulai kami melakukan pembelajaran dengan model tanya jawab tentang kehidupan masyarakat sedulur sikep. Selama 3 jam di mulai pukul 10.00 - 13.00 kami melakukan pembelajaran disana. Setelah pembelajaran selesai kami berfoto bersama.

Setelah itu kami menuju lokasi kedua yaitu _Pendapa Klopoduwur_. Sebelum itu kita makan siang dan sholat dhzuhur. Setelah itu kita langsung menuju ke lokasi kedua dengan jalan kaki selama 20 menit . Huhhh capek sekali.. setelah sampai di pendapa saya merasa haus dan mecari minuman dengan teman saya karna kelelahan dan susana mataharu yang terik, sampai sampai kita tidak memperhatikan apa yang di bahas saat pembelajaran di pendapa . Kira kira 1,5 jam kami disana.. tenaga sudah terkuras banyak.. dan badan terasa lelah.. sehingga ketika akan menuju ke lokasu ke tiga banyak yang pingsan.. tapi kita tetap melanjutkan perjalanan ke lokasi ke tiga yaitu _Perpustakaan PATABA_. Disana kami mendapat pembelajaran lagi dari tokoh bersejaran kira kira 1 jam . Dan setelag mendapat pembelajaran disana kami di perbolehkan masuk kedalam perpustakaan yang terdapat benda benda bersejarah .. sayangnya saya tidak ikut karan saya sakit .. mungkin karna kelelahan sehingga saya langsung istirahat di bis ..kegiatan sehari penuh sangat menguras tenaga . Saat perjalanan pulang kami lewat selang karena di anggap lebih cepat , kita sampai di SMA 1 Pamotan lagi pukul 18.30. Saat sampai dan turun bis saya melihat banyak sekali orang tua yang menjemput putra putri nya .. tapi saya tidak di jemput karna saya barengan sama teman saya.. setelah sampai rumah saya langsung bersih bersih badan,sholat dan tidur karna kelelahan .

Meskipun outdoor di Blora hanya satu hari .. saya tetap merasa sangat bahagia.. kegiatan tersebut sangat bagus sekali untuk pembelajaran .. tapi ada kekurangan dalam kegitan tersebut yaitu ketidak tepatan waktu dan kemoloran jadwal kegiatan. Semoga kegiatan tahun depan dapat lebih baik dan efektif .

Penulis adalah Sabella Putri Aprilliani, siswa SMA Negeri 1 Pamotan, kelas XI IPS 4

0 Komentar