Keterkaitan Sarung dan Santri



        Di Indonesia, ada banyak sekali santri hampir di setiap daerah pasti ada.Hampir semua santri menggunakan saring setiap hari.Santri dan Sarung memang kesatuan yang padu dan tidak dapat dipisahkan ketika sedang menuntut ilmu di sebuah Pesantren.Sudah menjadi tradisi dari masa ke masa, sejak Indonesia sebelum merdeka bahwa Sarung itu pakaian resmi kaum Santri.
         
         Pesantren terkemuka di Lasem,Rembang,Jawa Tengah,Indonesia semua santrinya memakai sarung, bukan celana panjang.Belum sempurna jika santri belum punya sarung.
           
         Bagi seorang Santri, Sarung itu memiliki banyak fungsi.Yang jelas, setiap ngaji wajib bagi seorang Santri menggunakan Sarung.Ini bisa didapati di pesantren-pesantren Ahlusunnah Waljamaah diseluruh pelosok-pelosok Indonesia.

        Saat memunaikan Sholat lima waktu, rasanya belum sempurna jika tidak menggunakan Sarung.Hampir setiap Masjid dan Musholla, selalu banyak sekali kaum santri yang memakai Sarung ketika Sholat berjamaah.Jika ditemukan memakai celana panjang, mungkin ia seorang yang sedang mampir di perjalanan dan lain-lain.

        Begitu juga, Sarung juga berfungsi sebagai selimut pada saat tidur ketika udara dingin.Dan, saat Sholat juga memakai sarung yang sama.Itulah fungsi Sarung bagi seorang Santri.

Nama :Nurviyana Lutvia
Kelas  :XI IPS 1
No.Absen:23

0 Komentar