Pemberdayaan Komunitas di Desa Sidorejo

 

Pada tanggal 26 oktober 2018, tepatnya hari jum'at pukul 14:00, saya dan keluarga besar XII IPS 4 sedang melakukan pemetaan lokasi yang bertepatan di desa Sidorejo, Kecamatan Pamotan,  Kabupaten Rembang.  Waktu itu saya dan teman teman kumpul terlebih dahulu di balaidesa Sidorejo untuk pembagian lokasi dan pendamping, sekaligus perkenalan dari perangkat perangkat desa Sidorejo.
     
Kemudian setelah pembagian lokasi, saya beserta kelompok saya mendapat lokasi di balaidesa itu sendiri. Lalu kami bergegas untuk membuat pemetaan di google maps, yang didampingi oleh mbak Hidayah. Pertama yang akan kelompok saya wawancarai adalah Bu Khodijjah, selaku pembuat tempe.



Disana saya dan teman teman cukup banyak mendapatkan informasi bagaimana cara membuat tempe. Dari pengolahannya, pengemasannya, sampai tahap akhir yaitu pemasaran. Bu Khodijjah memasarkan tempe tempenya di warung warung terdekat saja. Karena tempe yang dibuatnya tidak terlalu banyak.
     
Setelah cukup mewawancarai Bu Khodijjah, kemudian saya dan kelompok saya berjalan menuju ke mushola Al-ikhlas,  yang bertempat di sebelah kanan balaidesa Sidorejo. Lalu kami langsung mengambil foto mushola Al-ikhlas tersebut, dan langsung memetakannya di google maps.
     
Haripun sudah mulai sore, dan tidak terasa kelompok saya sudah mendapatkan 8 lokasi yang sudah kami kunjungi. Pukul 16:30, saya beserta kelompok saya memutuskan untuk kembali berkumpul di balaidesa. Dan langsung menyelesaikan tugas berikutnya yaitu mencatat hasil pemetaan. Mana yang diterima dan mana yang tidak diterima oleh google.
     
Setelah semuanya berkumpul di balaidesa, dan haripun sudah mulai larut,  akhirnya kegiatanpun diakhiri. Sebelum dibubarkan para perangkat perangkat desa Sidorejo memberikan sedikit masukan kepada kita semua. Dan akhirnya kurang lebih pukul 16:30 kami dibubarkan dalam kegiatan tersebut. Sebelum bubar kami semua mengambil foto foto terlebih dulu sebagai moment disana.

Penulis adalah Ana Nur Setyaningsih,
Siswa SMA N 1 Pamotan
Kelas XII Jurusan IPS


0 Komentar